Cheryl - Gracia - Jubilea

Cheryl - Gracia - Jubilea
Beradu Akting di depan Kamera!!!!

Kakak - Adik beradu senyum!!!!!

Kakak - Adik beradu senyum!!!!!
Kayak papa - mamanya yang murah senyum....(heeee kalo lagi mood yaaaa)

Perempuan-perempuan penggoda tidur nyenyakku!!!

Perempuan-perempuan penggoda tidur nyenyakku!!!
Caecilia Jubilea Kristanti, Augustina Mirah Kristanto, Faustina Gracia Kristanti

Kalau udah besar ...., mau jadi apa yaaaaaaa? (memang lucu...naaaak, kamu...)

Kalau udah besar ...., mau jadi apa yaaaaaaa? (memang lucu...naaaak, kamu...)
Faustina Gracia Kristanti (Anak ke 2) .

Lea Juara 1 Lomba Piano di Empire Palace Surabaya

Lea Juara 1 Lomba Piano di Empire Palace Surabaya
Sempat mau mogok les, eeee ..... malah Juara 1, berarti memang bakatmu....lea. Selamat yaaaaaa!!!!!!

Berdoa di depan Bunda Maria

Berdoa di depan Bunda Maria
Faustina Gracia Kristanti n Mamanya

Anak Kedua Kami Faustina Gracia Kristanti diBaptis di Katedral Surabaya

Anak Kedua Kami Faustina Gracia Kristanti diBaptis di Katedral Surabaya
Keluarga Yulius Kristanto Bersama Romo Eko Budi Susilo n Bu Caecilia (sebelah Lea)

Contoh Kesederhanaan dari Artis Senior Widyawati

Contoh Kesederhanaan dari Artis Senior Widyawati
Bangga juga, lhoooooo!!!!!

Pose sama Artis , reeek!!!

Pose sama Artis , reeek!!!
Yulius k. n Sarwana (WARNA)

Santa Caecilia... doakanlah kami!!

Santa Caecilia... doakanlah kami!!
Pelindung para penyanyi

Jadikan Hidup Anda lebih Berwarna!!

Jadikan Hidup Anda lebih Berwarna!!
Bagai Bunga mekar nan indah...

Bernyanyilah selagi masih muda!!!

Bernyanyilah selagi masih muda!!!
Ayoooo... bersorak - sorai bersama...

Belajar bernyanyi itu Penting!

Belajar bernyanyi itu Penting!
Do - re - mi - fa.......

Sabtu, 08 November 2008

Hal-hal Penting Untuk Para Dirigen



Ø PUMR 53 Melarang teks Kemuliaan tradisional diganti dengan teks apa pun. Hal ini merupakan upaya gereja untuk mempertahankan kekayaan musik dari masa ke masa., melestarikan tradisi Romawi. Teks tradisional ini, sudah ada sejak abad II. (lihat. Lagu Kemuliaan pada Misa Raya, Misa Lauda Sion, Misa Kita II, Misa Kita IV, Misa Menado, Misa Sunda, Misa Te Deum, Misa De Angelis, dan beberapa yang lain. Sehingga Ordinarium untuk Misa Senja, Misa Syukur, Misa Dolo-Dolo pada bagian Kemuliaan-nya tidak diperkenankan dinyanyikan menggantikan ritus Kemuliaan. Lagu Kami Memuji, Pujilah Tuhan tetap boleh dinyanyikan misalnya untuk Pesta Tritunggal Maha Kudus. (lht Bk. Lakukanlah Ini, hal.38)

Ø Doa Bapa Kami atau lagu Bapa Kami, diharapkan mengambil teks doa yang resmi (seperti TPE 2005), tanpa diakhiri kata AMIN. Kalau dinyanyikan, irama yang cocok adalah yang bernada meditatif, seolah mengajak untuk merenungkan setiap kata dan kalimat dari doa itu. (lht. Bk. Lakukanlah Ini, hal. 108-110). Contoh kesalahan ini ada pada lagu Bapa Kami Piliphina. Sebenarnya ungkapan Amin merupakan tanggapan atas doa atau pernyataan yang dibawakan oleh pemimpin ibadat. Maka jika doa itu dinyatakan secara bersama-sama, ungkapan Amin tidak diperlakukan dengan semestinya.

Ø Aklamasi, Prefasi dll, (nyanyian yang merupakan dialog dengan Imam) jawaban umat hendaknya tetap dikomando oleh dirigen dengan penuh semangat, agak cepat sedikit dari biasanya yang rata-rata di gereja agak melambat. Organis juga hendaknya mengiringi di bagian jawabannya saja. Apalagi jawaban umat untuk kata Amin, hendaknya dirigen dan koor memelopori jawaban tersebut dengan penuh semangat, sehingga mendorong umat untuk menjawab dengan tegas, tanpa kesan saling menunggu. (lihat TPE. Hal 12, 20, dst)
_
5 5 6 atau 1 1
A-min A - min

Ø Actuosa Participatio ; (partisipasi aktif umat), hendaknya paduan suara ikut mendorong partisipasi secara aktif umat baik dalam bernyanyi dan berdoa. Pilihan lagu untuk ibadat juga akan sangat mempengaruhi keaktivan umat. Harus dihindari kesan umat hanya jadi penonton dalam perayaan ekaristi kudus. Memang tidak setiap lagu baik propium atau ordinarium, umat harus terlibat bernyanyi semua. Namun dengan adanya partisipasi umat dalam bernyanyi secara menyeluruh akan membuat suasana ibadat semakin lebih meriah, dan mengesankan. Bahkan apabila diperlukan ada lagu-lagu yang umat perlu bernyanyi, dan umat belum begitu mengenal lagu tersebut, maka perlulah dilatihkan dahulu 10 menit sebelum perayaan ekaristi dimulai.

Ø Lagu Komuni, paduan suara hendaknya menyanyikan lagu yang bertema ungkapan sukacita persekutuan dengan tubuh dan darah Kristus, atau instrumentalia dimainkan oleh organis yang bisa membawa suasana DOA umat secara pribadi, sehingga suasana yang tercipta adalah tenang, damai dan tetap khidmat. Hindari lagu yang terkesan ramai yang bisa memancing umat untuk tepuk tangan secara spontan. Kalau perlu setelah Komuni, ada waktu yang cukup ajak umat menyanyikan madah syukur yang tematis.

Ø Nyanyian Maria sebaiknya tidak digunakan dalam perayaan Ekaristi, karena tema nyanyian harus sesuai dengan tema yang sesuai dengan bacaan-bacaan hari itu. Mis. Lagu Maria tidak bisa menggantikan lagu Persembahan. Nyanyian Devosional (Maria) dapat dinyanyikan pada misa khusus dan pada bagian-bagian tertentu

Ø Lagu ANAMNESE (lihat TPE hal. 52) dengan syair: Wafat Kristus kita maklumkan dst. Lagu anamnese ini tanpa AMIN, maka dirigen, koor, dan organis harus mempelopori agar umat tidak sampai menuju kata AMIN, dengan cara memperlambat kata / k i t a r i n d u k a n / (rit…., dengan agak melebut).

Ø Lagu ANAMNESE 5 (lihat TPE hal. 54) Tuhan, Engkau telah wafat dst. Dalam prakteknya justru kata sudah wafat. Hendaknya dirigen dan koor mulai juga melatihkan kata telah wafat. (meski artinya sebenarnya sama, tapi kata Telah, lebih berkesan menghaluskan daripada kata sudah, coba bandingkan dan bacakan dalam hati : Sudah meninggal dengan tenang …., dan Telah meninggal dengan tenang….)



-------------------$$$$$$$$$-------------------
Yulius Kristanto, S.S.
(Koordinator Bidang Musik Liturgi
Paroki Hati Kudus Yesus Surabaya – KATEDRAL SURABAYA)
031- 5949036 ; 031 – 60238107 ; 081-653 1917
( email : yuliussinlui@yahoo.co.id )

Disarikan dari buku berikut (dianjurkan untuk dimiliki para pelayan musik liturgi)
Ø Komisi Liturgi KWI. Sacramentum Caritatis. Jakarta. 2007.
Ø Martasudjito & Kristanto. Panduan Memilih Nyanyian Liturgi. Yogya. Kanisius. 2007.
Ø Suryanugraha, CH.Lakukanlah Ini. Bandung. Sang Kristus. 2007.

Tidak ada komentar: